Kuntum Farmfield, Bogor


Assalamualaikum, 

Kemarin saya dan keluarga kecil saya main-main ke Kuntum Farmfield atau Kuntum Nurseries Bogor. Kenapa "main-main", soalnya kan nggak terlalu jauh juga dari rumah ya dan acaranya, dadakan! Hahaha. 

Sebelum-sebelumnya memang lagi bikin rencana mau liburan kemana, sih (sambil mikirin budgetnya darimana jugak LOL), salah satu wacana yang ada adalah liburan ke puncak tapi mampir dulu ke Kuntum karena si abang memang suka dan sudah hapal beberapa nama hewan. Tapi, ya itu masih wacana saja. Lalu, kebetulan bulan ini sedang ada event Gramedia Big Sale, rencananya Sabtu mau berkunjung lah kesana, sambil membawa sekarung uang untuk dibelanjakan (ini boong, wqwq). Ternyata, tepat hari Sabtu pagi itu ada pengajian, jadilah kita batal berkunjung ke gudang buku yang sedang melangsungkan diskon besar-besaran tersebut. Rencana diubah ke hari Minggu, tapi eh tapi neneknya si abang ternyata ada acara dihari Minggu, jadinya si abang nggak bisa dititip (ih titip titip, nggak kasian apa sama neneknya? Well, judge me. Judge, me. Lol. Disamping emang neneknya seneng dititipin (karena sekali-sekali juga kan, lol) berhubung berburu bukunya di "gudang" saya agak khawatir aja, sih bawa bayi kesana. Sekalian juga lah quality time berdua cuami ya buu, kapanlagii, ihiw ;)), oleh sebab itu, acara main ke Kuntum mendadak banget karena rencana kita hari Sabtu berburu buku muree: batal, Minggunya juga ternyata nggak bisa, jadi deh Abih yang baik hatinya, Sabtu siang langsung memutuskan "Minggu, ke Kuntum aja, yuk", emak-emak kurang piknik mana yang nggak bahagia yekan? HAHA. Sungguh nikmat manalagi yang kau dustakan, buebuu? Alhamdulillaah. :'D

Minggu pagi setelah solat Subuh pun abih sudah siap-siap untuk rencana kita main ke Kuntum (baca: nyuci piring, nyuci baju. Iya, aku terharu punya suami kayak abih. Uwuwuw. I know you read it, abih. Jangan lupa tambah uang belanjak! *smirk* ).

Rencananya sih, jam 7.00 berangkat dari rumah, supaya disana nggak terlalu panas. Tapi realitanya jam 7.00 baru makan nasi uduk, lol. Saat itu Bogor mendung pekat, hawanya nikmat banget dibuat tidur :( Eterus gerimis, batal deh berangkat pagi (padahal mah emang belom pada mandi, haha). Jam 8.00an baru kita jalan dari rumah, tiba sekitar jam 9-an, disana hawanya masih sejuk karena mendung-mendung unyu gitu. 

Kuntum Farmfield terletak di Jl. Raya Tajur  No. 291  Bogor.
Jam Buka Hari, Senin – Minggu  08.00 – 18.00 WIB
Telepon : 0251 – 8244725, 8356752
Fax : 0251 – 8243148

Keluar tol jagorawi, mungkin sekitar 20menit-an untuk sampai ke tempat tujuan. Harga tiket masuk Kuntum Farmfield 40ribu, padahal sebelumnya 30ribu (baca-baca di blog orang). Anak dibawah 2 tahun nggak perlu bayar. Lumayan pricey sih ya menurutku, secara nggak dapet apa-apa, hanya tiket masuk aja. Tapi kayaknya masih lebih murah daripada D'Kand*ng yang bayar tiketnya per-kegiatan/fasilitas. Tempatnya mudah ditemukan, area parkirnya cukup luas. 



Lalu kami masuk ke dalam lobby untuk membeli tiket. Masih di dalam lobby tersebut kami juga disuguhi beberapa buah, bumbu dapur, tanaman-tanaman hias, pupuk yang dijual dan hampir kesemuanya merupakan hasil perkebunan Kuntum. Kubahagyaa! Selain toko buku, liat buah dan sayur dan kawan-kawannya, memberikan kebahagiaan tersendiri buat saya. Makanya saya seneng banget kalo kepasar atau supermarket :')







Saat memasuki farmfieldnya, kita bisa lihat kolam-kolam ikan di sisi jalan. Salah satunya ada kolam lele yang ikan lelenya guede buanget. Ma Syaa Alloh! Kata abih enak banget nih kalo dipecel, lol. Setelah itu ada kandang-kandang kambing kecil (cempe), domba, kambing besar, rusa, kelinci, marmut dan unggas-unggasan. Uuuu kyeopta! :3 Peternakannya bersih dan tertata rapi, nyaman banget deh.






Disana juga dijual sebakul daun/rumput juga wortel, pakan unggas juga ikan dan susu sapi bagi para pengunjung yang ingin merasakan experience memberi makan hewan-hewan ternak tersebut. Serius, saya baru pertama kali itu loh ngasi susu sapi ke kambing pakai dot! Dan si Abang sudah merasakannya diusia belum 2tahun, lol. Ohya, masing-masing harganya seporsi 5000 saja, termasuk susu sapi yang di dalam dot. Etapi kenapa susu sapi, ya? Kambingnya jadi anak sapi dong? wk. 










Setelah melihat-lihat kambing (dan memberi makan), suami menuju kandang tupai, bajing, sugar glider. Tupainya aktif bangeet. Petakilan kayak bola bekel. Si abang jadi gemes. Tapi sugar glidernya malah bobo berjamaah, haha. 

Lalu kita menuju kandang marmut dan kelinci yang besar. Alhamdulillah, pas kebetulan agak sepi. Sebelumnya, saat kita masih liat-liat ikan, kandang kelincinya ramai sama rombongan, entah rombongan TK atau SD. Abang mulanya takut-takut kasi makan marmut, akhirnya mau juga. Setelah itu ya biasa deh, maunya mah ya lalarian, gagal fokus sama hewannya. Tapi dia terlihat bahagia sekali, senangnya. Alhamdulillah.










Kemudian kita ke kandang sapi, bebek, burung, angsa, ayam dan rusa. Disana juga disediakan tempat-tempat untuk duduk-duduk sambil beristirahat atau ngemil (jika bawa/beli makanan). Ada juga kolam ikan yang sengaja didesain dengan air kolamnya yang hanya semata kaki sehingga mudah untuk ditangkap rame-rame, pun oleh anak-anak serta adapula tempat khusus memancing. Nanti, hasil tangkapannya bisa dibeli. Seru banget sih, kalo bawa keluarga besar, kemarin pas kebetulan ada satu keluarga besar yang melomba-kan acara tangkap ikan di kolam tersebut. Heboh! 











Selain peternakan hewan, ada juga area perkebunan sayur organik dan tanaman herbal, beberapa buah (seriously, nangkanya gede-gede benerrr). Ternyata, untuk kebun sayur, kita dibebaskan untuk memetik sendiri, nanti akan dihargai per kilonya. Perkebunan sayurnya luaasss sekali. Kalau masih pagi atau mendung gitu misalnya, rasanya segar sekali, sambil menikmati pemandangan hijau disekitarnya dan bahkan kita bisa melihat beberapa bukit nun jauh disana.







Sayang sekali, kami tidak melihat kuda, mungkin saking besarnya area peternakan, kami jadi bingung mau kemana lagi. Jadi weh lupa kalau saya mau coba berkuda bareng si abang, padahal di Kuntum memang sudah disediakan track berkuda, jadi anak-anak bisa naik kuda sendiri ataupun dengan didampingi orang tuanya. Untuk berkuda, ada biaya tambahan sebesar 30rb/track.

Selepas seru bermain, teman-teman dan keluarga bisa mengisi perut di resto yang ada di Kuntum Farmfield ini. Kabarnya makanan yang dijual pun berasal dari hasil peternakan dan perkebunan Kuntum juga loh! Entrepreneur sejati nih yang punya! Lol. 

Restonya, setau saya sih ada di dekat pintu masuk sebelum parkir, tapi saya dan keluarga nggak jajal makanannya, karena yah udah lah pulang aja, capek dan deket rumah ini (nggak deket-deket banget juga, sih aselinya :p).

Saran: 
1. Waktu sampe sana, misalnya masih pagi dan cuaca masih bersahabat, mending langsung ke kandang kambing/domba-domba kecil. Biar ada waktu banyak main sama mereka dan nggak panas pastinya. 
2. Setelah itu berkuda juga oke!
3. Untuk unggas-unggasan tempatnya lumayan adem, dan ya emang cuma "liat-liat" aja, sedikit interaksi.
4. Kandang kelinci/marmut boleh dibuat list terakhir buat dikunjungi, karena tempatnya lumayan teduh. Tapi sejukkan kandang-kandang unggas. Ya bebas deh mana yang mau dibuat list terakhir (unggas/kelinci), pokoknya pas matahari udah tinggi, kita nggak lagi panas-panasan.
5. Bawa baju kalo memang mau main basah-basahan untuk tangkap ikan, misalnyapun nggak basah, ganti baju karena badan gerah bau kambing/kelinci juga oke.
6. Bawa cemilan dan air mineral (kalo nggak mau beli), pastilah cape dan laper muterin farmfieldnya.
7. Bawa hand sanitizer bila perlu, disana lumayan banyak kran, sih (tapi nggak ada sabun, hehe). Buat yang kebersihannya level hotel, lumayan lah jaga-jaga.
8. Ohya, satu lagi! Datengnya agak pagi-an yaa. Biar udaranya masih sejuk buat jalan-jalan! Jam 8 baru buka, nah masih asik banget tuh cuacanya!

Si abang memang belum ngerti-ngerti banget, juga kan, tapi Alhamdulillahnya dia gampang dibujuk dan nggak takut, akhirnya sempet nangis juga sih, saat domba-dombanya jadi agresif ngejar abih karena lapaar, dan abang lagi digendong abih. Wqwq. Abang memang lebih excited lalarian daripada main sama hewannya, lol. Belum umurnya, memang.

Overall, tempat ini recommended lah untuk anak-anak, nggak terlalu jauh pula dari Jakarta-Depok-Bogor. Selamat berkunjung, have a nice, farming! ^-^

0 comments:

Post a Comment

 
Nadyavaizal's Blog Design by Ipietoon