Tempat Masuknya Setan

Huuyy.. Mari memposting! Setan/Jin itu godain anak turun Nabi Adam sampe kiamat looh. Gak pake bosen, gak pake kapok. Yaa, namanya juga nyari temen kaan, masih sakit hati gitu doi sama Adam, secara disuruh sujud tapi doi gak mau kan. Dia pikir Adam jelas lebih rendah gitu kastanya, Dari tanah! "Lah gue kan dari Api?! Ya gak level kaleeeee.." gitu kali ya kalo kita buat monolognya. Anyway, berarti orang yang gak thoat, sombong dan dendaman itu? Yap.. mirip deh tu sama iblis. Soo.. hati hati yaaaa ;) teruuusss... Setan itu bisa masuk dari berbagai tempat, dari berbagai situasi. Nah, situasi yang gimana sih yang setannya bisa masuk ke diri kita? atau jangan-jangan selama ini tanpa sadar diri kita udah dimasukkin setan seenak jidatnya? akk.. Baiklah, daripada galau, mending kita bahas yuks! ^O^//
Tempat-tempat Masuknya Syetan (مداخل الشيطان) : Syetan masuk ke dalam diri seseorang untuk merusak keimanan dan menyesatkan kefahamannya itu melalui beberapa hal yaitu :
1. Kebodohan || Kebodohan itu bisa mematikan hati dan membutakan penglihatan. sehingga orang yang bodoh itu gak ngerti mana yang halal mana yang haram, mana yang haq dan mana yang batal, begitu seterusnya. Alloh berfirman : وَلَوْ شَاءَ اللهُ لَجَمَعَهُمْ عَلَى الْهُدى فَلاَ تَكُوْنَنَّ مِنَ الْجَاهِلِيْنَ * سورة الأنعام ٣٥ Dan jika Alloh menghendaki, niscaya Alloh mengumpulkan mereka di atas petunjukNya, maka jangan sekali-sekali kalian menjadi orang yang bodoh.“ Nabi Musa ‘alaihis salaam pernah berdo’a : قَالَ أَعُوْذُ بِاللهِ أَنْ أَكُوْنَ مِنَ الْجَاهِلِيْنَ * سورة البقرة ٦٧ Berkata Musa : " aku berlindung kepada Alloh bahwa aku termasuk orang yang bodoh.” Serem kan kalo kita gatau apa-apa? Contoh? oke.. yang paling gampang ialah SEPUPU. itu mahrom atau gak? yang rajin ngaji pasti tau doong. YAP! gak mahroom. Terus, kenapa masih banyak itu temen temen kamu yang sepupuan, pada pegang-pegangan. Rangkul-rangkulan? yaa.. husnudhonnya sih waktu ngaji, ngantuk kali yaa.. Tapi ya masa mau salah teruss.. sampe kapan? kalo gatau ilmunya sampe mati, berarti dosanya? Udah gitu mati sewaktu-waktu pula! serem iihh.. Yuk ah kita ngaji yang banyak, dan beramal yang banyak.. biar setannya gak masuk :D
2. Marah || Marah itu termasuk tempat masuknya syetan yang besar dan perangkapnya. Syetan mempermainkan kemarahan seseorang dalam rangka menyesatkan pelakunya itu seperti anak kecil mempermainkan bola seenaknya begitu mudahnya orang yg marah itu dipalingkan dari kebenaran sehingga mulut yg biasa sopan bisa mengeluarkan kata2 yg jorok, kasar, & lain-lain. “Nabi SAW Bersabda: sesungguhnya aku mengerti satu kalimat yang kalau dia mengucapkannya niscaya hilang marah yang ia temui yaitu : أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ " Waaa, honestly ini sayah banget :| tapi ya harus bisa dirubah dong yaaa! ditahaaan.. kalo marahnya lagi berdiri, biar reda, coba duduk lah. kalo lagi duduk, berbaringlah. Kalo berbaring pun belum reda, berwudhulah. InsyaAlloh. Kalo diambil logikanya kenapa berwudhu? setan kan udah masuk tuh kalo kitanya lagi marah dan gak bisa nahan diri, doi kan dari api doong? Nah, makanya dikalahin pake air deh. HIHI IMHO xP
3. Cinta Dunia Sesungguhnya syetan telah mnghiasi dunia dgn gebyarnya dalam hati kebanyakan manusia sehingga mereka condong pada dunia & merasa senang dengan dunia, mereka berlomba-lomba mencari dunia dengan sungguh2, dunia dijadikan tujuannya. Padahaaaaaaaaaaall? didunia kan cuma numpang lewat yaa? ya namanya numpang, ya gak lama-lama. Tergantung kontrak hidupnya aja. Jadiii? :)
4. Panjang angan-angan Seorang hamba jika panjang angan-angannya, dia akan melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan cenderung tidak memperdulikan waktu. dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai apa yang diangan-angan oleh hatinya, meramalkan dunia dengan berbagai macam usahanya dan akan merobohkan sendi-sendi kepentingan akhiratnya.
“jadilah kamu di dunia seolah seperti orang yang sedang menyeberang jalan.”
Menyeberang jalan bukan berleha-leha apalagi jalan di metropolitan, dimana kendaraan saling beradu kecepatan ingin sampai tujuan secepatnya. Ketika tidak bergegas menyeberang dan kurang hati-hati, mungkin saja akan tertabarak, yah minimal keserempet lah yaa. di duniapun seperti itu, ketika kita lengah tidak bergegas menyiapkan bekal untuk hari akhir nanti, setan akan segera mengganggu iman kita, dan selanjutnya kita menjadi korbannya. Menjadi sekutu setan, seperti kerbau yang dicocok hidungnya, ditunggangi hawa nafsu kemana-mana, gampang diperintah berbuat munkar dan susah sekali melakukan hal-hal yang ma’ruf. Sibuk pada angan-angan keduaniaannya.
Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Gunakanlah lima sebelum lima : gunakanlah masa mudamu sebelum masa tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum fakirmu, longgarmu sebelum sibukmu dan hidupmu sebelum matimu.”

“yaitu orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan belaka dan senda gurau,dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia.Maka pada hari kiamat,Kami melupakan mereka sebagaimana mereka dahulu melupakan pertemuan hari ini,dan karena mereka mengingkari ayat-ayat kami.” [Al-Araf 51].
5. Keinginan Syetan masuk ke dalam diri seseorang itu melalui keinginannya, dengan keinginannya yang tidak terkontrol maka seseorang bisa rusak agamanya. Keinginan yang tidak masuk akal, keinginan yang berdasarkan hawa nafsu. Pada dasarnya setiap manusia diberikan segumpal darah yang menyatu, hati. Dan, secara bathiniahnya seseorang menyadari yang dilakukannya salah atau tidak. Hanya saja kebanyakan tidak mengindahkannya, sehingga terbiasa dan menghiraukan kesalahan tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 
Nadyavaizal's Blog Design by Ipietoon